News Update | October 03, 2016 at 02:51 PM post by aiskai (view 835)

JUMLAH wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut terus bertambah. Bahkan selama beberapa bulan terakhir pada 2016 ini, terjadi trend peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang datang di Sulut melalui bandara internasional Sam Ratulangi Manado.

Data kunjungan wisatawan yang dirilis BPS pada Oktober 2016 ini, menunjukkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulut melalui bandara Sam Ratulangi selama periode Januari hingga Agustus 2016 mencapai 22.778 orang. Jumlah ini meningkat sekira 60,51% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (14.191 orang).

Dengan trend pertambahan jumlah wisatawan ini, diharapkan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Sulut bisa melebihi jumlah kunjungan pada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi saat ini melalui berbagai terobosan yang dilakukan dua pemimpin Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, yang terus memacu tekad untuk terus membuka peluang lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah. Terutama yang saat ini sedang dipacu adalah wisatawan dari Tiongkok, yang sejak Juli lalu mendominasi kunjungan wisatawan ke Sulut.

Sementara itu, secara nasional jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia menurut data BPS juga mengalami peningkatan bila dihitung pada periode Januari – Agustus 2016. Jumlah wisatawan mancanegara reguler yang berkunjung ke Indonesia melalui 19 pintu masuk utama pada perhitungan Januari-Agustus 2016 mencapai 6.585.553 orang, atau naik sekira 10,08 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu (5.982.496 orang).

Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulut memang sangat kecil jika dibandingkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia. Atau kalau dipersentasekan, jumlah wisatawan mancanegara ke Sulut, hanya 0,3% saja dari total wisatawan mancanegara reguler yang berkunjung ke Indonesia. (ak)