News Update | December 29, 2017 at 01:59 PM post by yehabe (view 206)

Sangkub (28/12) Bupati Bolmut Drs.  H.Depri Pontoh secara resmi melantik Sethman Mahadir sebagai Penjabat Sangadi Desa Pangkusa Kecamatan Sangkub yang bertempat di Lapangan Desa Busisingo. 


Pelantikan Penjabat Sangadi ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, khususnya dalam hal terjadi kekosongan jabatan Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak. 


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pelantikan ini selain berdasarkan Surat Keputusan Bupati,  juga didasari oleh surat persetujuan Menteri Dalam Negeri RI sebagaimana amanat Pasal 71 Ayat 2 UU No. 10 Tahun 2016.


Terima kasih dan penghargaan disampaikan kepada pejabat Sangadi sebelumnya atas dharma baktinya selama menjabat.  Pelantikan ini hendaknya disikapi secara normatif,  hindari opini dan asumsi politis, dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja khususnya di Desa. 


Kepada Penjabat Sangadi yang baru dilantik dihimbau untuk lebih meningkatkan bentuk kerjasama dengan perangkat Desa,  BPD dan seluruh komponen masyarakat.  Apalagi menjelang pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018.


Secara khusus, dihimbau segenap Sangadi untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat serta memberi pemahaman urgensi menggunakan hak suara dengan melihat dimensi program. Sedapat mungkin menghindari isu yang mengarah pada fitnah dan pembunuhan karakter. 


Bupati dalam kesempatan tersebut, secara resmi membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa yang bertujuan untuk mendorong pemanfaatan Dana Desa lebih berkualitas lagi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Diharapkan kegiatan ini selain dapat merekam inovasi yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya atau menghasilkan inovasi baru, tentunya juga harus dapat menjembatani sumber daya lokal dengan pemanfaatan Dana Desa. 


Terkait dengan penggunaan Dana Desa Tahun 2018, Bupati mengharapkan seluruh Sangadi dan perangkat Desa untuk menggunakan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan di masing-masing Desa tanpa mengabaikan amanat Peraturan Menteri Desa No.  4 Tahun 2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, dengan mengedepankan asas transparansi. 


Khusus penggunaan Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD,  secara sistematis telah dijabarkan dalam Peraturan Bupati dimana terdapat kenaikan tunjangan bagi Sangadi,  Perangkat Desa dan Dasawisma masing-masing Desa se Kabupaten Bolmut. 


Sebelumnya,  Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan pendidikan berupa seragam sekolah kepada para siswa di Kecamatan Sangkub dan juga bantuan ternak sapi berjumlah 20 ekor yang bersumber dari Dana Desa. *hms