Manado | February 26, 2018 at 08:27 PM post by aiskai (view 790)

Manado—Untuk ketiga kalinya, Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar Skill Competition untuk mahasiswanya. Puncak kegiatan Skill Competition ini berlangsung pada Jumat (23/2) di resto jurusan Pariwisata yang dihadiri banyak mahasiswa. Kegiatan ini pun dinilai sebagai event istimewa bagi para mahasiswa dan dosen di Jurusan Pariwisata Polimdo, serta para alumni.

Ketua Jurusan Pariwisata Polimdo Oktavianus Lintong, S.Pi. M.Si, mengatakan Skill Competition ini sudah menjadi program tetap dari jurusan. Yaitu dilaksanakan pada minggu pertama perkuliahan setiap semester.

Tujuan dari kegiatan ini, kata Lintong, untuk mengukur skill dan kompetensi mahasiswa, terutama berkaitan dengan pembelajaran semester sebelumnya. ‘’Dari sini kami bisa mengukur ketercapaian proses pembelajaran tersebut,’’ kata Lintong, yang juga dikenal sebagai Ketua Senat Polimdo ini.

Ada delapan jenis skill yang dikompetisikan pada event ini. Pertama pelayanan bar dan restoran mengompetisikan juggling bartender. Kedua, pengolahan bahan-bahan produk mengompetisikan cook atau chef. Ketiga, tatagraha dan binatu yang mengompetisikan making bed dan make up room. Keempat, kantor depan (frontoffice) untuk frontliner. Kelima, perjalanan wisata yang mengompetisikan guide atau tour guide. Keenam, terkait dengan konservasi,  berupa teknik pemantauan lingkungan yang untuk semester ini terkait dengan sampah plastik. Ketujuh, penyelaman, yaitu kompetisi diving bagi penyelam. Kedelapan,  terkait kemampuan analisis data, yang mengompetisikan proses pengolahan dan analisis data pariwisata hingga produk promosi yang sudah dilayout.

Dari pemantauan Expose Manado, Skill Competition ini disambut antusias para mahasiswa. Banyak di antaranya yang terlibat sebagai peserta, sementara sebagian yang lain menjadi suporter. Antusias dan kemeriahan acara ini pun berlangsung terus hingga kompetisi ini berakhir dan menentukan para pemenang.

Para peserta ini kemudian mendapatkan sertifikat kompetensi dari asesor kompetensi yang ada di Jurusan Pariwisata Polimdo. Sertifikat ini pun sebagai pengakuan terhadap skill dan kompetensi mahasiswa, yang tentunya berguna saat di dunia kerja nanti.

Selain itu, para pemenang mendapat penghargaan dari jurusan. ‘’Kalau semester sebelumnya berupa uang tunai, khusus semester ini berupa tour tiga pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken,’’ ungkap Lintong. (ak)