Inspiring Figures | September 10, 2016 at 07:16 AM post by yehabe (view 1435)

MENJADI Pemimpin Wilayah diempat provinsi bukan perkara yang mudah. Namun bagi Afien Yuni Yahya, CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Wilayah Manado yang menangani Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara dirinya tetap optimis target tercapai hingga akhir tahun nanti. Lalu apa saja kiatnya untuk mencapai target itu? Mengingat persaingan perbankan semakin ketat. “Dalam pekerjaan, saya punya motto Be a Leader not Superior. Kenapa ini yang saya jadikan pegangan setiap hari dalam bekerja, karena pemimpin yang sebenarnya adalah turun ke medan perang bersama anak buahnya. Saya tidak mau jadi superior yang hanya konseptor lalu menyuruh anak buah saya yang bekerja. Saya bukan tipe seperti itu. Saya mau tim work dengan semua pegawai saya,”kata mantan GM PT BNI (Persero) Tokyo dan Seoul ini di ruang kerjanya. 

Bapak dua anak yang suka travelling ini menambahkan, di wilayah kerjanya saat ini ada dua program yang tengah digenjot. Yang pertama Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta menambah nasabah. “Alhamdulilah masuk triwulan dua ini sudah mencapai 45%. Saya yakin itu karena usaha kami bersama,”ucapnya optimis.

Dibalik sosok pria yang sudah 20 tahun mengabdi di PT BNI ini, siapa sangka banker yang satu ini ternyata latar pendidikannya sarjana management kehutanan jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB). “Ia saya sebenarnya orang hutan,”ujar Afien bercanda. “Dulunya saya bekerja di perusahaan kayu di Kalimantan. Tapi saya melihat sulit bagi saya untuk berkarir. Maka cobalah saya melamar di bank. Dan diterima. Saya memulai semuanya dari bawah. Dan saya banyak belajar dari itu semua,”jelas mantan GM PT BNI Hongkong ini. (*)