Lifestyle | September 19, 2016 at 11:10 AM post by aiskai (view 916)

ADA banyak hal yang tak bisa dijumpai di darat, bisa dilihat dari udara. Dan melalui peran para pilot drone karya-karya mengejutkan baik melalui foto maupun video bisa dinikmati banyak orang.

Iya, di Sulut sendiri para pilot yang suka memainkan benda terbang yang dikendalikan dari jarak jauh pun semakin banyak. Mereka pun punya komunitas sendiri. Bahkan kemudian sejak Januari 2016 lalu, mereka bergabung dalam Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Regional Sulut. “Saat ini ada 76 member yang aktif,” ungkap Gerald Tumewan, Ketua APDI Regional Sulut, ketika berjumpa dengan Expose Manado.

Drone memang menjadi sebutan populer pada benda terbang tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh atau melalui remote control. Awalnya, drone dipakai dunia militer untuk melakukan pengintai atau pengawasan di wilayah tertentu. Dan kini, drone sudah sering digunakan para fotografer dan videographer yang tentunya sangat membantu mendapatkan foto dengan angle yang menarik yang dulunya harus menggunakan helikopter ataupun balon udara atau sejenisnya.

Para pilot drone,  yang biasa saling menyapa dengan panggilan capt, memang sering ngumpul bareng. Juga melakukan berbagai hunting foto dan video bersama. Selain itu, mereka juga aktif melakukan aksi sosial atau membantu sejumlah pekerjaan lain dengan sukarela.

“Ada banyak kegiatan yang kami lakukan selain menyalurkan hobi atau bisnis. Seperti kegiatan sosial melakukan foto udara lokasi-lokasi bencana untuk membantu tim SAR melakukan pemetaan dan kegiatan CSR lainnya,” tambah Gerald yang didampingi Mukhlis Sekretaris APDI Sulut dan Lery Malonda Bendahara APDI Sulut.

Bagi Anda yang ingin bergabung dalam komunitas ini, bisa melakukan registrasi online di www.terbangterus.com. Registrasi  online nantinya sudah terdata di APDI pusat dan otomatis di regional. (hes/ak)