Tourism and Culture | September 20, 2016 at 11:31 AM post by aiskai (view 732)

INI satu lokasi menarik yang edukatif dan inspiratif di Sulut. Namanya Hutan Kenangan, yang sejak beberapa tahun lalu dibangun di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Saat ini, Hutan Kenangan telah menjadi satu tujuan kunjungan warga Sulut maupun luar daerah, bahkan luar negeri. Di Hutan Kenangan ini, bisa disaksikan aneka jenis pepohonan yang ditanam oleh para tamu yang berkunjung di Minut. Para tamu Minut ini diberi kesempatan untuk melakukan aksi lingkungan dengan menanam bibit pohon yang sekaligus menjadi kenang-kenangannya berkunjung ke daerah tersebut. Bila satu saat datang ke Minut bisa menyaksikan sendiri pertumbuhan pohon yang ditanamnya itu.

Lokasi Hutan Kenangan memang relatif mudah dicapai. Berada di kota Airmadidi (ibukota Kabupaten Minut), atau sekira 20 menit dari Manado. Tempatnya pun tak jauh dari Kantor Bupati Minut.

Hutan Kenangan Minut ini berluas sekira 15 ha. Arealnya ditata apik nan indah. Bibit pohon yang ditanam maupun tetumbuhan yang ada di lokasi terlihat selalu dipelihara dengan baik oleh petugas setempat. Lokasi hutan kenangan ini didesain seperti taman, yang terdapat pula jalur untuk pejalan kaki maupun gazebo untuk beristirahat.

Pada setiap satu pohon yang ditanam, di dekatnya terdapat patok tulisan yang menginformasikan jenis pohon dan nama ilmiahnya, lalu disebutkan orang yang menanam sekaligus jabatannya, serta tanggal waktu penanaman. Ada menteri, kepala daerah di Sulut maupun luar daerah, hingga tamu negara sahabat pernah berkesempatan menanam di tempat ini. Selain itu, ada juga beberapa publik figur lain serta masyarakat umum, yang pernah menanamkan kenangannya melalui bibit pohon, sekaligus wujud partisipasinya dalam aksi peduli lingkungan nan hijau ini.

Kehadiran Hutan Kenangan ini pun mendapat pujian dari banyak pihak. Tak heran kalau ada sejumlah daerah yang ingin mencontoh model Hutan Kenangan ini. Begitu juga dengan strategi pengembangan Kebun Bibit Rakyat dan Hutan Tanaman Rakyat yang dikelola petani di Minut, yang juga menjadi contoh di tingkat nasional.

Mari pelihara bumi, langgengkan cinta lingkungan di Hutan Kenangan. (ak)