Tourism and Culture | September 22, 2016 at 02:53 PM post by aiskai (view 807)

INI salah satu taman laut yang cukup populer di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, provinsi Sulut.  Taman laut nan memesona ini namanya Mandaku.

Site Mandaku ini berada di perairan sekitar Pulau Mandaku, yang masuk wilayah Desa Babelang, Kecamatan Manganitu Selatan, Sangihe. Untuk sampai ke site ini, dari Tahuna (ibukota Sangihe), butuh waktu lebih kurang 1 jam dengan menggunakan boat. Sementara dari Mahangetang Site, yang terkenal dengan gunung api bawah laut, perlu waktu tempuh sekitar 45 menit.

Kekhasan titik penyelaman di Mandaku, lokasi penyelamannya yang relatif dangkal. Di kedalaman 1 meter saja, sudah bisa dinikmati keindahan taman lautnya, sedangkan lokasi penyelaman terdalam, hanya sekira 25 meter. Sejumlah biota laut unik dank has pun bisa dijumpai di site ini, mulai hamparan koral purba, keeksotisan lionfish, sampai atraksi gaya penyelam santai si penyu.

Sementara di tepian pantai Desa Babelang bisa dinikmati hamparan pasir putih halus dan terlukis indah. Suasana perkampungan desa nelayan pun sangat terasa, ditambah lagi dengan sambutan ramah penduduk setempat, sehingga menambah kekhasan sang Mandaku. (yhb)